Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

UMUM

 

1.    Naskah merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian, kajian, ulasan dan/atau komunikasi pendek yang belum pernah diterbitkan di mana pun sebelumnya. Naskah dalam bentuk electronic file, soft copy dikirim ke Pemimpin Redaksi Jurnal tekMIRA: http://jurnal.tekmira.esdm.go.id./index.php/minerba/

e-mail: jurnaltekmira@gmail.com; atau publikasitekmira@yahoo.com.Naskah dalam bentuk soft copy tersebut sangat membantu dalam proses peredaksian.

2.    Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Judul ditulis dalam dwibahasa (Indonesia dan Inggris). Sari ditulis dalam bahasa Indonesia dan Abstract ditulis dalam bahasa Inggris. Dilengkapi dengan Kata kunci di bawah Sari dan Keywords di bawah Abstract, sekurang-kurangnya 4 (empat) kata kunci.

3.    Naskah ditelaah minimal oleh dua orang editor ilmiah yang ahli di bidangnya dan seorang ahli bahasa sesuai dengan peraturan yang berlaku.

4.    Redaksi akan menyeleksi dan memberitahukan kepada penulis naskah, apabila naskah diterima atau tidak sesuai untuk penerbitan ini. Dewan Redaksi berhak menolak naskah yang tidak memenuhi syarat sebagai karya tulis ilmiah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

5.    Gambar, foto dan tabel harus diberi judul dengan jelas. Foto harus jelas dan siap untuk dicetak dan tidak dalam bentuk film negatif. Peta maksimum berukuran A4, memakai skala dan arah utara.

6.    Jumlah halaman naskah tidak ditentukan.

 

FORMAT NASKAH

 

1.    Naskah diketik pada jarak satu setengah spasi, sesuai dengan kertas ukuran A4. Pengetikan menggunakan komputer dalam MS-Word dan berhuruf CG Omega-font 10.

2.    Halaman pertama naskah berisi judul naskah dalam bahasa Indonesia dan Inggris, nama penulis (alamat instansi/organisasi), sari, abstract dan kata kunci masing-masing dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

3.    Susunan naskah:

Judul karya tulis ilmiah (bahasa Indonesia dan Inggris)
Nama penulis dan alamat instansi, alamat e-mail (jika ada)
Sari dan Abstract ditulis secara ringkas dan jelas; maksimum 400 kata, masing-masing satu paragraph, sebagai ringkasan isi menyeluruh beserta kesimpulan.
Kata kunci dan Keywords ditulis 4-6 buah kata kunci
Pendahuluan berisi latar belakang, permasalahan, informasi hasil-hasil karya penelitian/kajian orang lain yang sejenis dan relevan sebagai acuan, tujuan, sasaran, lokasi penelitian serta ringkasan teori (jika diperlukan)
Metodologi
Hasil dan Pembahasan/diskusi
Kesimpulan dan Saran
Ucapan terima kasih (jika diperlukan)

 

4.    Daftar pustaka, harus diacu ke dalam naskah yang ditulis secara alfabetis, umur pustaka  terkini (kurang dari 5 tahun).

 

Contoh penulisan daftar pustaka:

       Jurnal

•   Middleton, M. F. and Hunt, J. W. (1989) "Influence of tectonics on Permian coal-rank patterns in Australia," International Journal of Coal Geology, 13, Amsterdam, pp. 391-411.

•   Standish, N., Yu, A.B. and Ardha, I G. (1991) "Estimation of bubble-size distribution in flotation columns by dynamic bubble-disengagement technique," Transactions of the Institution of Mining and Metallurgy, Section C, Mineral Processing and Extractive Metallurgy, Vol. 100, January-April, C 31 - 41.

 

       Buku

       Nazar, N. A. (2004) Bahasa Indonesia dalam karangan ilmiah, Penerbit Humaniora, Bandung, 214 halaman.

 

       Bab dalam buku

•   Sudradjat, A. dan Hadiprayitno, M. (1997a) "Aspal, dalam:  Suhala, S. dan Arifin, M. (penyunting),"" Bahan Galian Industri, Puslitbang Teknologi Mineral, Bandung. hlm. 3-23.

•   Sudradjat, A. dan Hadiprayitno, M. (1997b) "Kaolin, dalam: Suhala, S. dan Arifin, M. (penyunting)," Bahan Galian Industri, Puslitbang Teknologi Mineral, Bandung. hlm. 50-70.

 

       Prosiding

       Rochani, S., Pramusanto dan Atangsaputra, K. (2003) "Perbandingan hasil analisis bijih nikel laterit oleh dua laboratorium yang berbeda," Prosiding Kolokium Energi dan Sumber Daya Mineral 2003, Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara, Bandung, hlm. 116-140.

 

 

 

       Laporan tidak diterbitkan

Ngurah, A., Sariman, dan Saleh, N. (2006). "Pemanfaatan abu terbang PLTU Amamapare PT. Freeport Indonesia untuk semen portlan posolan dan bata kalsium silikat" Laporan Internal Kerjasama Penelitian Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara dengan PT. Freeport Indonesia, versi Indonesia - Inggris, Bandung, 49 hal, (tidak diterbitkan).

 

       Skripsi/tesis/disertasi

       Santoso, B. (1994) Petrology of Permian coal, Vasse Shelf, Perth Basin, Western Australia, PhD Thesis at School of Applied Geology, Curtin University of Technology. 355 pp.

 

       Sari

       Santoso, B. and Daulay, B. (2006) "Geologic influence on type and rank of selected Tertiary Barito coal, South Kalimantan, Indonesia," Abstract of the 23rd Annual Meeting of the Society for Organic Petrology, Beijing, pp. 214-216.

 

       Peta

       Harahap, B.H. and Noya, Y. (1995) Peta geologi lembar Rotanburg, Irian Jaya, skala 1:250.000, Pusat penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

 

       Informasi dari internet

       Widagdo, S. (2008) Batubara RI hanya bisa tembus US$56/ton. Http://www.apbi-icma.com/news.php?pid=4209&act=detail, diakses tanggal/bulan.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah merupakan karya tulis ilmiah asli hasil penelitian, kajian, ulasan dan/atau komunikasi pendek yang belum pernah diserahkan dan atau diterbitkan dimanapun sebelumnya.
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Diketik pada A4 dengan jarak 1 (satu) spasi, menggunakan huruf (font) CG Omega dengan ukuran font 10 point. Artikel agar disesuai kan dengan template yang sudah kami sediakan (Template beserta font dapat didownload disini).
  4. Halaman pertama naskah berisi Judul naskah dalam dwibahasa (Indonesia dan Inggris), nama penulis (alamat instansi/organisasi dan e-mail), Abstrak dan kata kunci.
  5. Abstrak ditulis ditulisa secara ringkas dan jelas maksimum 400 kata, ditulis dalam dwibahasa (Indonesia dan Inggis) masing-masing satu paragraf sebagai ringkasan isi menyeluruh beserta kesimpulan, dilengkapi kata kunci (keywords) sekurang-kurangnya 4 (empat) kata kunci.
  6. Susunan naskah: Judul, Nama dan alamat penulis, Abstrak dan Kata kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Ucapan Terima Kasih dan Daftar Pustaka.

  7. Gambar, foto dan tabel diberi judul dengan jelas. Foto harus jelas, resolusi gambar minimal 200 megapixel.
  8. Daftar Pustaka, harus diacu ke dalam naskah yang ditulis secara alfabetis, minimal 10 buah dan umur pustaka terkini/up-to-date (maximal berumur 10 tahun).
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat konten yang tersedia dapat diakses secara gratis untuk umum dan mendukung pertukaran informasi/pengetahuan secara global.

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Teknolgi Mineral dan Batubara provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public to supports a greater global exchange of knowledge.

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang masuk ke dalam situs Jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk keperluan penerbitan Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara, dan tidak akan disalah gunakan untuk tujuan lain, atau diberikan kepada pihak lain secara tidak bertanggung jawab.