ANALISIS KOMPENSASI DAMPAK PENGANGKUTAN HASIL TAMBANG MATERIAL KONSTRUKSI (STUDI KASUS: RUAS JALAN PROVINSI SUNGGUMINASA- MALINO,SULAWESI SELATAN)
DOI:
https://doi.org/10.30556/jtmb.Vol10.No2.2014.741Kata Kunci:
Willingness to Accept (WTA), Sungai Jeneberang, material konstruksi, kerusakan jalan, truk lebih muatanAbstrak
Pertambangan material konstruksi di Sungai Jeneberang bertujuan untuk memenuhi permintaaan di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar. Kegiatan pertambangan dapat menimbulkan dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif terhadap lingkungan adalah telah terjadi kerusakan di ruas jalan propinsi Sungguminasa-Malino akibat lalulintas truk angkut material konstruksi dan truk-truk bermuatan berat. Pengukuran nilai kompensasi yang ingin diterima masyarakat akibat kerusakan jalan merupakan tujuan dari penelitian ini dengan menggunakan analisis Willingness to Accept (WTA). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Parangloe, Bontoma- rannu, dan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan total jumlah responden sebanyak 297 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai WTA responden sebesar Rp 9.500/truk/rit untuk truk dua sumbu dan Rp 14.300/truk/rit untuk truk tiga sumbu.
Referensi
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa Propinsi Su- lawesi Selatan, 2012. Gowa dalam angka 2012. BPS Kabupaten Gowa-Sulawesi Selatan. 338 halaman.
Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ), 2010. Pengelolaan sumberdaya air di daerah aliran sungai Jeneberang. Departemen Peker- jaan Umum, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Besar Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Makassar. 39 halaman.
Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Gowa, Daftar Pemegang Surat Izin Usaha Pertambangan (SIUP) 2004-2011 (tidak dipublikasikan). Sungguminasa
- Kabupaten Gowa.
Fauzi, A., 2004. Ekonomi dan sumber daya alam dan lingkungan, Teori dan Aplikasi. PT Gramedia Pus- taka Utama, Jakarta. 259 halaman.
Jianjun, Cao.,Yuanyuan, Ren. and Guozhen, Du., 2010. The combined application of WTP and WTA in con- tingent valuation methods. Journal of Environmental Protection, 1. p. 284-292.
Scott, P.W., Eyre, J.M., Harrison, D.J. and Steadman, E.J., 2003; River mining: aggregate production and sup- ply in developing countries with particular reference to Jamaica. British Geological Survey, Keyworth, Nottingham. 44 pages.
Spash, C.L., 2008; The contingent valuation method: Retrospect and prospect. Socio-Economics and the Environment in Discussion (SEED) Working Paper Series 2007-01, CSIRO Sustainable Ecosystems, ISSN 1834-5638. 26 pages.
The Asia Foundation., 2008; Biaya transportasi barang angkutan, regulasi, dan pungutan jalan di Indone- sia, The Asia Foundation, Jakarta. 81 halaman.
UPEKS ONLINE., 5 November 2010. Truk bandel, miliaran uang negara menguap menelusuri mata rantai penyebab rusaknya jalan Malino. Http:// www.ujungpandangekspres.com, diakses 25 Agus- tus 2012.
Venkatachalam, L., 2004, The contingent valuation method: A review. Environmental Impact Assess- ment Review, 24. p. 89 – 124.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat konten yang tersedia dapat diakses secara gratis untuk umum dan mendukung pertukaran informasi/pengetahuan secara global.

Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Teknolgi Mineral dan Batubara provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public to supports a greater global exchange of knowledge.
Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.