PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MESIN GASMIN DARI BEBERAPA INDUSTRI TAHU DI KABUPATEN SUMEDANG

Penulis

  • Harta Haryadi Puslitbang tekMIRA - KESDM
  • Endang Mulyani Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara

DOI:

https://doi.org/10.30556/jtmb.Vol16.No3.2020.1051

Kata Kunci:

bauran pemasaran, keputusan pembelian, Gasmin

Abstrak

Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara telah membuat mesin Gasifikasi Mini (Gasmin) batubara untuk dipasarkan kepada industri kecil dan menengah (IKM) yang menggunakan bahan bakar kayu, sekam, solar dan bahan bakar gas sebagai pengganti bahan bakarnya yang lebih efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menimbulkan kecenderungan minat beli konsumen terhadap mesin Gasmin, sedangkan manfaat penelitian adalah mengetahui faktor-faktor yang diinginkan konsumen dalam menyempurnakan mesin Gasmin yang diproduksi agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Penelitian ini merupakan penelitian di lapangan (field research) menggunakan pendekatan kuantitatif. Percontoh penelitian adalah konsumen industri tahu Kabupaten Sumedang sebanyak 20 responden yang dilakukan dengan interviu disertai kuesioner dengan 7 item faktor yang memengaruhi keputusan pembelian mesin Gasmin (faktor X1 sampai X7). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan uji – t dengan taraf signifikansi a = 5% menggunakan program SPSS 20 for windows. Hasil penelitian dengan uji validitas product moment pearson correlation (PMPC) menggunakan program SPSS 20 for windows, memiliki nilai r hitung (Pearson Correlation) > r tabel (0,444 yang merupakan nilai r untuk responden sebanyak 20 dengan nilai df =18 sehingga data hasil penelitian sahih (valid). Dengan uji Sig.2 tailed seluruh item memiliki nilai < 0,05 (probabilitas maksimal 0,05 dan seluruh nilai Pearson Correlation ke-7 item memiliki nilai positif) sehingga data hasil penelitian sahih (valid). Untuk uji realibitas seluruh item dengan alpha cronbach’s memiliki nilai > 0,60 (probabilitas minimal), data hasil penelitian handal (reliable). Dari hasil uji validitas dan realibitas dapat diketahui, bahwa industri tahu yang ingin membeli mesin Gasmin, belum sepenuhnya yakin kepada kualitas dan kehandalan produk mesin gasmin (X1), belum setuju dengan harga penawaran mesin Gasmin (X2), belum yakin dengan saluran distribusinya (X3), masalah promosi yang kurang (X4), dari psikologi belum memiliki pandangan positif terhadap mesin Gasmin (X7), dari budaya belum terbiasa menggunakan mesin Gasmin (X5), sedangkan dari pengaruh sosial membeli mesin Gasmin hanya karena pengaruh teman, keluarga dan status sosial (X6).

Referensi

Abdullah, T. dan Tantri, F. (2016) Manajemen pemasaran. 2 ed. Jakarta: RajaGrafindo Persada, Rajawali Pers.

Abdurrahman, N. H. (2015) Manajemen strategi pemasaran. 1 ed. Bandung: Pustaka Setia.

Assauri, S. (2018) Manajemen bisnis pemasaran. 1 ed. Jakarta: RajaGrafindo Persada, Rajawali Pers.

Atmoko, T. P. H. (2018) “Strategi pemasaraan untuk meningkatkan volume penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta,” Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), hal. 83–96.

Diniaty, D. dan Agusrinal (2014) “Perancangan strategi pemasaran terhadap produk anyaman pandan (Studi kasus : Home industry Saiyo Sakato di Kenagarian Padang Laweh Kecamatan Koto Vii Kabupaten Sawah Lunto Sijunjung,” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 11(2), hal. 175–184.

Hanifaradiz, A. dan Satrio, B. (2016) “Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sabun mandi lifebuoy di Surabaya,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(6), hal. 1–17.

Hartono, H., Hutomo, K. dan Mayangsari, M. (2012) “Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada perusahaan, dengan menetapkan alumni dan mahasiswa Univesitas Bina Nusantara sebagai objek penelitian,” Binus Business Review, 3(2), hal. 882–897.

Heryanto, I. (2015) “Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan,” Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship, 9(2), hal. 80–101.

Karim, D., Sepang, J. L. dan Lumanauw, B. (2014) “Marketing mix pengaruhnya terhadap volume penjualan pada PT. Manado Sejati Perkasa Group,” Jurnal EMBA, 2(1), hal. 421–430.

Kotler, P. (2009) Manajemen pemasaran analisis perencanaan pmplementasi dan kontrol. 13 ed. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, D. dan Arifin, N. (2015) “Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa,” Jurnal SIMBOLIKA, 1(2), hal. 193–198.

Malau, H. (2017) Manajemen pemasaran : Teori dan aplikasi pemasaran era tradisional sampai era modernisasi global. Bandung: Alfabeta.

Mantauv, C. S. (2015) “Pengaruh harga dan keragaman produk terhadap kepuasan konsumen,” e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 3(1), hal. 1–8.

Martiman (2014) “Strategi pemasaran barang dan jasa perusahaan melalui media iklan,” Jurnal Ilmiah Widya, 2(2), hal. 55–63.

Mongi, L., Mananeke, L. dan Repi, A. (2013) “Kualitas produk, strategi promosi dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kartu simpati Telkomsel di Kota Manado,” Jurnal EMBA, 1(4), hal. 2336–2346.

Nasution, M. F. R. dan Yasin, H. (2014) “Pengaruh promosi dan harga, terhadap minat beli perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(2), hal. 135–143.

Nurcholifah, I. (2014) “Strategi marketing mix dalam perspektif syariah,” Jurnal Khatulistiwa, 4(1), hal. 73–86.

Pamanggiasih, L. G., Tama, I. P. dan Azlia, W. (2015) “Analisis perspektif konsumen pada desain kemasan keripik buah menggunakan rekayasa kansei dan model kano,” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 3(2), hal. 223–232.

Poli, V., Kindangen, P. dan Ogi, I. (2015) “Analisis pengaruh kualitas, promosi dan keunikan produk terhadap keputusan pembelian souvenir Amanda Collection,” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), hal. 755–766.

Supriyanto, M. dan Taali, M. (2018) “Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap pengambilan keputusan menginap di The Sun Hotel Madiun,” Epicheirisi, 2(1), hal. 13–21.

Swastha, B. dan Irawan (2018) Manajemen pemasaran modern. 13 ed. Yogyakarta: Liberty.

Umar, H. (2000) Riset pemasaran dan perilaku konsumen. 1 ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Utami, H. N. dan Firdaus, I. F. A. (2018) “Pengaruh bauran pemasaran terhadap perilaku online shoping: Perspektif pemasaran agribisnis,” Jurnal Ecodemica, 2(1), hal. 136–146.

Wahyuningsih, T. H. dan Transistari, R. (2015) “Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk asuransi pada wanita pekerja,” EFEKTIF Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 6(1), hal. 73–88.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-28

Cara Mengutip

Haryadi, H. dan Mulyani, E. (2020) “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MESIN GASMIN DARI BEBERAPA INDUSTRI TAHU DI KABUPATEN SUMEDANG”, Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara, 16(3), hlm. 165–177. doi: 10.30556/jtmb.Vol16.No3.2020.1051.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>