ANALISIS PENGUKURAN PASAR GASMIN BATUBARA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30556/jtmb.Vol16.No1.2020.1042Kata Kunci:
IKM, Gasmin, batubara, potensi, batikAbstrak
Gasifier batubara adalah alat untuk mengubah batubara menjadi bahan bakar gas yang diproses dalam suatu reaktor berukuran kecil yang dinamakan gasifikasi mini (Gasmin) batubara. Alat ini menghasilkan gas yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar di berbagai industri kecil dan menengah (IKM), dan menjadi salah satu pilihan di antara berbagai bahan bakar lain yang selama ini sudah banyak digunakan seperti kayu, solar, gas dan lain-lain. Analisis pengukuran pasar Gasmin batubara di Daerah Istimewa Yogyakarta dilakukan dengan metode analisis deskriptif melalui diskusi kelompok terfokus, wawancara disertai kuesioner, testimoni dan kunjungan ke industri yang sudah menggunakan produk ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pasar Gasmin yang berbahan bakar batubara pada IKM Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berdasarkan hasil analisis pengukuran Gasmin, diperoleh hasil: Potensi pasar sebanyak 517 unit usaha, pasar yang tersedia sebanyak 53 unit, pasar yang tersedia yang memenuhi syarat 25 unit, pasar yang dilayani atau pasar sasaran sebanyak 10 unit dan pasar yang dipenetrasi 1 unit. Analisis pengukuran pasar Gasmin ini sangat penting sebagai masukan dalam merumuskan strategi pemasaran Gasmin di DIY.Referensi
Adawiyah, R. (2012) Laporan praktikum pemasaran: Membuat kuesioner dan riset pasar. Universitas Gadjah Mada.
BPS (2016) Statistik industri di DIY. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik.
Dewanti, R. dan Sihombing, G. (2012) “Analisis pendapatan usaha peternakan ayam buras (Studi kasus di Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan),” Buletin Peternakan, 36(1), hal. 48. doi: 10.21059/buletinpeternak.v36i1.1276.
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta (2017) Direktori industri kecil dan menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Marshal, R. (2012) “Penerapan energi efisiensi di IKM,” in Workshop Efisiensi Energi di Sektor Industri Kecil dan Menengah. Jakarta.
Pebriani, Y. S. (2016) Pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk merek pribadi. Universitas Lampung.
Rakhman, H. Y. (2016) Analisis persepsi konsumen terhadap produk rokok Fit Mild Bright di wilayah perkotaan Kab. Jember (Studi empiris pada masyarakat perkotaan Kabupaten Jember). Universitas Lampung.
Sofaeti, Y., Daulay, B., Efendi, M. A. A., Sulistyohadi, F., Hudaya, G. K., Monika, I., Saputra, R., Yusnanto dan Ropik (2015) Implementasi pengembangan gasifier batubara di IKM untuk peleburan alumunium dan industri yang menggunakan boiler. Bandung: Puslitbang tekMIRA.
Sugiyanto, H. (2017) “The causality between energy consumption and gross domestic product (GDP) in Indonesia, Malaysia, Thailand and Singapore,” Jurnal Info Artha, 1(2), hal. 79–90.
Suprapto, S. (2014) “Gasifikasi batubara, solusi di tengah berlimpahnya batubara Indonesia,” in Karakteristik dan Pemanfaatan Batu Bara: Solusi dalam Keberlimpahan Batu Bara di Indonesia. Jakarta: Badan Litbang ESDM, hal. 43–67.
Susetyarsi, T. (2014) “Analisis daya tarik sumber iklan dan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen pada produk minuman suplemen merek kuku bima energi di kota Semarang,” Jurnal STIE Semarang, 6(3), hal. 120–138.
Trifiananto, M. (2015) Karakterisasi gasifikasi batubara tipe updraft dengan variasi equivalence ratio. Institut Technology Sepuluh Nopember.
Wati, R., Sari, P., Assagaff, S. Y. A. S., Turna, L. A., Karanelan, C. dan Sumaryadi (2013) Perencanaan pemasaran korporat dan analisis pasar dan pengukuran pasar. Universitas Pattimura.
Wijayanti, P. S., Ispriyanti, D. dan Wuryandari, T. (2013) “Pengambilan sampel berdasarkan peringkat pada analisis regresi linier sederhana,” Jurnal Gaussian, 2(3), hal. 209–218.
Yusra, I. (2018) Gasifikasi batubara, www.academia.edu.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat konten yang tersedia dapat diakses secara gratis untuk umum dan mendukung pertukaran informasi/pengetahuan secara global.

Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Teknolgi Mineral dan Batubara provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public to supports a greater global exchange of knowledge.
Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.